The Power of Self Dicipline

Disiplin diri adalah kemampuan anda untuk melakukan sesuatu secara konsisten dan berkesinambungan sesuai dengan apa yang direncanakan atau dianggap baik tanpa tergantung pada keadaan emosional Anda. Semua tujuan membutuhkan usaha untuk mewujudkannya . Usaha yang baik membutuhkan disiplin diri, yaitu perwujudan kerja keras seseorang. Tidak ada kesuksesan tanpa disiplin diri,komitmen dan kesungguhan serta disiplin dalam menghargai waktu. Imam Ibnul Qayyim al-Jauuziyyah menjelaskan .

“Orang yang berilmu akan menepati waktunya, karena jika dia mengabaikannya, maka semua kemaslahatannya akan hilang. Sesungguhnya semua kemaslahatan bersumber dari waktu. Jika dia menyia-nyiakannnya, maka dia tidak dapat mengejarnya untuk selama-lamanya. Kita tentu sepakat bahwa kita memiliki bagian yang sama dari harta yang mahal ini yakni berupa waktu, yaitu setiap orang dari kita memiliki bagian yang sama sehari semalam adalah 24 jam atau 168 jam dalam sepekan, yang tidak dapat ditambah ataupun dikurangi. Kita tidak dapat mengembalikan waktu jika ia telah lewat atau menggantinya jika ia telah hilang. Waktu berjalan dengan cepat seperti berjalannya awan yang ada di atas kita. Kita tidak dapat berbuat apa-apa selain memanfaatkan dan mengfungsikannnya dengan baik atau membiarkannya berlalu begitu saja.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW telah mengisyaratkan hal ini dalam sabdanya, “ Dua nikmat yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia, adalah kesehatan dan waktu luang .” ( HR. Muslim ). Bagaimana mengatur waktu dengan baik?

  1. Pelajari kembali tujuan, rencana dan prioritas anda.
  2. Letakkan tujuan-tujuan anda itu pada sebuah rencana periodik atau program kerja .
  3. Buatlah daftar pekerjaan ( Kegiatan ) yang akan dilakukan setiap hari.
  4. Atasi semua hal yang dapat memalingkan anda dari tujuan-tujuan tersebut.
  5. Manfaatkanlah waktu-waktu luang
  6. Janganlah anda selalu condong kepada hal-hal yang bersifat mendesak.