The Power of Focus

Memfokuskan perhatian pada tugas, tanggung jawab atau pekerjaan yang ada di hadapan Anda serta berusaha melaksanakannya terus-menerus hingga anda benar-benar sampai pada tingkatan terakhir. Hal ini menuntut adanya perhatian penuh terhadap tugas atau pekerjaan anda tanpa berpaling sedikit pun kepada hal-hal lain. Manusia memiliki kekuatan fokus itu tinggal bagaimana kita menggunakan sebaik mungkin.

Cara-cara yang dapat membantu anda fokus ; Pertama, cara terpenting yang dapat membantu Anda fokus adalah meminta pertolongan kepada Allah swt., bertawakal sepenuhnya kepada-Nya, serta menjalankan tugas dan pekerjaan dengan percaya sepenuhnya dengan pertolongan Allah swt. Kedua, Ketika anda hendak menjalankan tugas dan memulai suatu pekerjaan, biasakanlah diri Anda untuk menentukan jangka waktu penyelesaian pekerjaan tersebut. Ketiga, Ingatlah selalu faedah-faedah atau manfaat-manfaat yang akan Anda peroleh jika anda dapat menyelesaikan dan menyempurnakan tugas-tugas anda dan janganlah Anda mengingat berbagai resiko atau hambatan yang akan muncul. Jadilah orang yang selalu berpikir positif,optimis, dan selalu mengutamakan kepentingan jangka panjang.

Keempat, Ketika anda menghadapi sejumlah tugas rutin yang membosankan, saat Anda tidak menemukan kenikmatan ketika sedang menjalankan tugas-tugas tersebut, Anda harus menggunakan metode-metode baru dalam melaksanakannya. Melakukan pembaharuan, berinovasi, dan meninggalkan sesuatu yang “lama” ( sudah biasa dipakai ) terkadang dapat membantu Anda meningkatkan fokus dan menggapai kenikmatan dalam menjalankan pekerjaan-pekerjaan anda. Kelima, Berusahalah menghindari penyelaan yang berulang-ulang ketika anda sedang mengerjakan tugas-tugas yang membutuhkan fokus penuh. Keenam, Pelajari semampu Anda segala sesuatu yang dapat membantu anda mengembangkan kebiasaan fokus, biasakanlah diri anda untuk menerapkan kebiasaan ini dan berusahalah selalu menentukan metode-metode yang dapat menjadikan anda lebih fokus dalam kehidupan Anda. Ketujuh, Hindarilah menyibukkan diri dengan berbagai pekerjaan dan perhatian yang teramat banyak, karena hal itu adalah musuh bagi efektivitas. Berusahalah sedapat mungkin mengambil spesialisasi dan menentukan tujuan yang spesifik.