Tips Mengatur Waktu dengan Baik

1. Pelajari kembali tujuan, rencana dan prioritas anda.

2. Letakkan tujuan-tujuan anda itu pada sebuah rencana periodik atau program kerja .

3. Buatlah daftar pekerjaan ( Kegiatan ) yang akan dilakukan setiap hari.

4. Atasi semua hal yang dapat memalingkan anda dari tujuan-tujuan tersebut.

5. Manfaatkanlah waktu-waktu luang

6. Janganlah anda selalu condong kepada hal-hal yang bersifat mendesak.

Empat Kuadran dalam Pemanfaatan waktu

Kalau penggunaan waktu kita banyak di kuadran IV; yaitu melakukan hal-hal yang tidak penting dan tidak mendesak kita akan menjadi orang yang sia-sia atau pemalas, bolehlah sekali waktu hanya untuk refreshing selama tidak melanggar aturan syara’ tapi jangan seluruh waktu kita banyak di kuadran ini maka jadilah sia-sia kita.

Sedangkan jika penggunaan waktu kita banyak di kuadran III; yaitu melakukan hal-hal yang tidak penting tapi mendesak kita akan menjadi orang yang kelihatannya sibuk sekali tetapi tidak produktif sama sekali.Seharusnya penggunaan waktu kita banyak di kuadran II; yaitu melakukan hal-hal yang penting dan tidak mendesak sehingga kita akan menjadi orang yang suka menentukan skala prioritas dalam hidupnya. Akan tetapi kalau penggunaan waktu kita banyak di kuadran I ; yaitu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang penting dan mendesak kita akan menjadi orang yang super sibuk dan mudah stres. Hal ini disebabkan karena kita sering menunda-nunda pekerjaan sehingga seringkali melakukan sesuatu pada saat-saat batas waktu akhir.

Penyakit utama orang adalah menunda-nunda aktivitas:

· Sehingga aktivitas itu batal dilaksanakan

· Aktivitas itu dilakukan tetapi tidak optimal

· Hal lain yang sebenarnya dapat dilakukan jadi terabaikan -> Kenapa di usia kita sekarang ini, kita cuma bisa jadi seperti ini …

· Orang yang melakukannya akan semakin merasa beban yang dipikulnya bertambah berat.