Merancang Impian …

Sobat, secara umum paling tidak ada delapan aspek kehidupan yang perlu kita perhatikan saat merancang impian atau goal :

  • Spiritual : Di bidang spiritual, apa yang akan anda capai tahun ini? Tahun depan? Anda akan menjadi orang dengan kualitas spiritual seperti apa? Bagaimana dengan kegiatan dakwah dan ibadah Anda ? Apakah anda akan naik haji atau umrah? Visi besar setiap orang beriman seharusnya, “ Menjadi seorang abdillah dan khalifatullah di muka bumi.” Pada prinsipnya, setiap diri manusia adalah pemimpin, baik pemimpin bagi dirinya maupun untuk orang lain dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT. Tujuan hidup seorang yang beriman adalah untuk beribadah atau mengabdi kepada Allah yang Maha Kuasa, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bahwa misi hidup kita sebagai orang yang beriman, diantaranya ;

a). Menyejahterakan diri sendiri, keluarga, masyarakat dan umat manusia.

b). Memelihara dan meningkatkan akidah, akhlak diri sendiri, keluarga, masyarakat dan umat manusia

c). Menyehatkan diri-sendiri, keluarga, masyarakat dan umat manusia.

d). Membahagiakan diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan umat manusia.

e). Mengentaskan kemiskinan diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan umat manusia.

  • Materi : Dalam hal materi, apa saja yang ingin anda miliki? Rumah idaman? Di mana lokasinya? Berapa luas tanah dan bangunannya? Bagaimana dengan kendaraan mobil?perhiasan? komputer yang canggih? Dll. Kapan Anda ingin mendapatkan materi ini? Untuk apa mendapatkannya? Bagaimana perasaan anda saat mendapatkan materi itu.

  • Finansial : Dalam bidang keuangan, apa yang ingin anda capai dalam tahun ini? Berapa penghasilan yang ingin anda peroleh tahun ini? Berapa yang ingin anda peroleh lima tahun ke depan? Sepuluh tahun ke depan? Berapa tabungan atau deposito anda? Selain jumlahnya. Anda harus punya alasan jelas mengapa anda ingin mencapai impian anda. Untuk apa? Untuk siapa?

  • Sosial : Apa yang akan anda lakukan untuk lingkungan dan masyarakat? Apa yang akan anda lakukan untuk dakwah dan pemberdayaan umat? Apakah anda akan mendirikan sekolah atau pesantren gratis untuk warga yang tidak mampu? Pengobatan gratis? Menyumbang untuk pendirian masjid? Menyumbang untuk aktivitas dakwah? Menyumbang untuk korban bencana alam? Berapa besar sumbangan yang akan anda berikan tahun ini? Berapa besar Zakat, infak dan shodaqoh yang anda keluarkan tahun ini? Tahun depan? Lima tahun lagi? Sepuluh tahun lagi?

  • Keluarga : Keluarga seperti apa yang ingin anda bina? Anda ingin menjadi suami atau isteri seperti apa? Sudahkah anda memiliki kualitas yang dimiliki oleh suami/isteri/ayah/ibu idaman yang baik dan sholeh sholehah? Jika anda sudah memiliki anak, bagaimana cara anda mendidik mereka? Bagaimana pembagian tanggungjawab dalam rumah tangga?

  • Bisnis-Karier : Apa yang hendak anda capai dalam bisnis atau karier anda? Apakah anda puas dengan bisnis/karier anda saat ini? Kalau anda tidak puas, apa yang akan anda lakukan? Apakah anda akan pindah karier? Apakah anda akan mencoba bisnis baru? Apa target anda dalam tahun ini? Bagaimana dengan tahun depan? Lima tahun lagi? Sepuluh tahun lagi? Apa alasan anda ingin majua dalam bisnis/karier? Untuk apa anda maju dalam karier? Untuk siapa?

  • Perkembangan diri : Dalam waktu mendatang, anda akan menjadi manusia yang bagaimana? Apakah karakter, sikap, kepribadian, kecakapan, pengetahuan,perilaku, kebijaksanaan anda telah berkembang optimal? Kalau belum, apa yang akan anda capai tahun ini? Tahun depan? Lima tahun? Atau sepuluh tahun lagi? Dalam hal pengembangan diri ? Jika anda ingin berhasil, kualitas apa yang harus anda kembangkan dalam diri anda? Sudahkah anda memiliki kualitas itu? Bagaimana dengan aspek mental dan emosi anda?

  • Petualangan/Wisata : Petualangan apa yang ingin saya lakukan? Bila berlibur, saya ingin ke mana? Tempat manakah yang paling ingin saya kunjungi? Bagaimana gaya liburan saya? Bagaimana jika mencoba arum jeram? Terjun payung? Ke Kairo? Bagaimana kalau ke Singapura atau Malaysia? Alharomain? Al-Aqso? Ke mana anda akan mengajak keluarga anda berlibur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar