The Power of Dream

Impian adalah sesuatu yang ingin diraih baik bersifat materi atau non materi yang benar-benar dikejar dengan tindakan. Seseorang yang akan menjadi pengusaha atau memiliki to be apa saja harus mengawalinya dengan impian besar sebab jika hal itu tidak dimiliki, seseorang akan berbinis dengan apa adanya, tanpa target yang jelas dan hasilnya pun apa adanya.

Berikut ini rencana sepuluh langkah untuk menentukan tujuan dan ini merupakan prosedur penting untuk memperoleh hasil yang sukses dalam semua usaha.

1. Putuskan dengan tepat apa yang Anda inginkan ; Cukup sederhana, apa yang perlu Anda lakukan hanyalah memutuskan apa yang benar-benar ingin anda capai. Ajukan kepada diri-sendiri delapan pertanyaan berikut ini.

  • Apa yang akan saya miliki?
  • Siapa yang akan saya bantu?
  • Ke mana saya akan pergi?
  • Apa yang akan saya lakukan?
  • Akan jadi apa saya?
  • Apa yang akan saya ciptakan?
  • Apa yang akan saya sumbangkan?
  • Apa yang akan saya capai?

2. Kristalisasikan Pikiran Anda : Pelajari secara detail jawaban yang Anda peroleh dari delapan pertanyaan di atas dan perjelas apa yang anda inginkan. Pikiran yang terkristalisasi akan memfokuskan arah anda dan mendefinisikan tujuan kehidupan anda. Susunlah pikiran-pikiran anda dengan tepat dan perjelas apa yang benar-benar anda inginkan. Keadaan anda saat ini tidak menggambarkan secara akurat potensi terbaik anda. Sebaliknya, mereka mencerminkan ukuran dan kualitas tujuan, atau kurangnya tujuan efektif yang saat ini anda miliki

3. Tentukan tujuan Ispirasional yang spesifik : Tidak seorang pun dapat mencapai target yang tidak mereka miliki. Tentukan dengan pasti apa yang anda ingin capai dalam masing-masing aspek dari sepuluh area kehidupan ; Fisik, Finansial, Usaha, Karier, Mental, Sosial, Spiritual, Keluarga, Material, Petualangan. Kemudian susunlah tujuan-tujuan ini sebagai tujuan khusus di dalam setiap area kehidupan anda. Tentukan tujuan yang dinamis, menggairahkan, dan membangkitkan inspirasi sehingga memotivasi anda untuk bertindak. Tujuan kehidupan yang memberikan inspirasi akan menyulut api kehidupan anda ! selain itu, pastikan tujuan kehidupan anda selaras dengan nilai-nilai kehidupan yang anda yakini. Ini akan menjamin waktu dan usaha anda diinvestasikan secara efektif, dalam usaha mencapai target yang paling penting bagi kesuksesan jangka panjang.

4. Tentukan Batas waktu untuk mencapai tujuan kehidupan anda : Anda perlu menetapkan tanggal kapan anda berniat mewujudkannya. Langkah sederhana memutuskan dengan pasti kapan anda berniat mencapai beberapa target tertentu, menggerakkan kekuatan yang besar untuk mewujudkan tujuan anda menjadi kenyataan. Kekuatan di balik penetuan batas waktu adalah pemusatan energi yang berorientasi pada suatu waktu tertentu di masa depan.

5. Putuskan Apa yang akan anda lakukan untuk mencapai tujuan : Putuskan sekarang, apa yang akan anda lakukan untuk meraih tujuan kehidupan. Untuk meraih target dengan sukses, anda harus memilih tindakan yang sesuai, menentukan keputusan yang akan dibuat, merumuskan hambatan yang harus diatasi, dan memperbaiki arah yang akan dituju untuk mengarahkan strategi kesuksesan anda.

6. Miliki Rencana Tindakan Tertulis : Hal ini akan menciptakan inspirasi yang menyala-nyala di dalam diri anda, dan akan memotivasi anda untuk memanfaatkan bakat serta kemampuan dengan lebih besar. Rencana Tindakan Tertulis adalah peta jalan yang akan memandu anda menuju pencapaian tujuan kehidupan yang paling anda ingin wujudkan dalam kehidupan. Tentukan keahlian, pengetahuan, dan hubungan strategis yang akan anda butuhkan, kemudian tuliskan bagaimana anda akan memanfaatkan bakat serta kemampuan anda untuk mencapai tujuan kehidupan itu. Tuliskan semua rencana anda, karena dengan menulis, pikiran akan terkristalisasi….. dan pikiran memotivasi tindakan.

7. Ambil Tindakan Antusias : Bagian penting dan tak terpisahkan dalam penentuan tujuan kehidupan adalah pengembangan yang berani dari rencana tindakan tertulis. Tetapi hal ini harus diikuti dengan tindakan antusias yang besar-besaran, segera, dan tidak terbatas menuju pencapaiannya. Bergairahlah terhadap kehidupan anda dan susunlah beberapa tujuan luar biasa untuk menyalakannya dan segera ambil tindakan dengan penuh antusias.

8. Bayangkan tujuan kehidupan anda : Anda dapat mendorong tingkat antusiasme anda secara dramatis dan mendorong diri anda untuk beraksi dengan penuh semangat dengan membayangkan hasil akhir dari tujuan kehidupan anda atau menyaksikan pencapaiannya yang sukses.Menggambarkan suatu hasil itu ibarat memberikan perintah secara langsung kepada pikiran anda untuk menerapkan kekuatan penuh guna mencapai tujuan tersebut. Dengan membayangkan tujuan anda secara jelas – obyek dari keinginan anda yang paling dalam – anda akan lebih dapat memusatkan perhatian pada apa yang anda coba wujudkan secara sukses.

Bayangan ini dapat dicapai dengan dua cara :

  • Gambar mental ; Dengan menggunakan kekuatan luar biasa dari imajinasi anda atau teknik visualisasi kreatif, gambar mental adalah gambar yang anda proyeksikan dalam mata batin anda seputar tujuan yang ingin anda capai.
  • Gambar sebenarnya ; Dapat berupa foto atau gambar dari katalog, majalah, dan buku yang menggambarkan atau mewakilitujuan akhir anda. Idealnya, gambar-gambar ini harus dimasukkan ke dalam sebuah map sebagai referensi reguler.

9. Teruslah Mengambil Batu loncatan : Salah satu keuntungan utama memecah-mecah tujuan anda menjadi batu loncatan adalah akan dengan lebih mudah mencapainya, karena anda hanya perlu menghadapi satu hal setiap saat. Sejalan dengan pencapaian setiap langkah, tingkat kepercayaan diri anda anda akan meningkat dan anda kan lebih siap dalam berusaha mencapai setiap langkah baru. Dengan meningkatnya kepercayaan diri, meningkat pula inspirasi, yang selanjutnya mendorong kapasitas anda untuk melakukan yang terbaik.

10. Bersikaplah Persisten dengan kepercayaan : Sikap persisten merupakan faktor penting dalam setiap kesuksesan besar jangka panjang, sikap, “Saya tidak akan pernah menyerah” merupakan disiplin terbaik yang dapat dimiliki seseorang untuk meningkatkan kesempatan mereka akan kesuksesan dalam semua usahanya. Buatlah suatu keputusan untuk terus bertindak dengan antusias dalam mencapai tujuan kehidupan anda. Milikikeyakinan dan kepercayaan diri bahwa usaha anda yang terus-menerus akan membuahkan hasil jangka panjang yang terbaik. Tetaplah berpegang pada tujuan anda dan bersiap-siaplah untuk menyaksikan hasil yang luarbiasa, ketika kehidupan anda dipenuhi dengan berbagai kemungkinan yang luar biasa.