Seminar Nasional MABBIM

LATAR BELAKANG

PERKEMBANGAN ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah hampir semua aspek kehidupan manusia, tak terkecuali dalam bidang bahasa. Kita tentu berkepentingan menunjukkan kepada masyarakat di seluruh dunia bahwa Indonesia memiliki salah satu identitas atau jati diri kebangsaan kita, yaitu bahasa. Kita juga tidak ingin kehilangan identitas kebangsaan yang berupa bahasa, baik akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun akibat ketidakpedulian untuk menjaga dan melestarikannya.

Berbagai pengalaman terusiknya identitas kebudayaan Indonesia seyogyanya mengingatkan kita sendiri untuk berbuat melakukan perbaikan sikap. Dalam hal ini tentu termasuk dalam kerangka menjaga identitas kebudayaan tersebut adalah melakukan pengkajian, penelitian, dan pensosialisasian hasil-hasil kajian atau penelitian bahasa Indonesia kepada khalayak masyarakat luas.

Berangkat dari latar belakang itulah, Jurusan Sastra Indonesia—Fakultas Sastra dan Seni Rupa—Universitas Sebelas Maret Surakarta bekerja sama dengan Pusat Bahasa bermaksud menyelenggarakan Seminar/syarahan nasional MABBIM dengan tema, “Meningkatkan Peranan Bahasa Indonesia/Melayu dalam Penguatan/Pemerkasaan Jati Diri Bangsa”

Penyelenggara

SEMINAR atau syarahan nasionalMABBIM ini dilaksanakan oleh Jurusan Sastra Indonesia—Fakultas Sastra dan Seni Rupa—Universitas Sebelas Maret Surakarta bekerja sama dengan Pusat Bahasa dan didukung oleh lembaga-lembaga mitra lainnya.

Narasumber dan Peserta

NARASUMBER atau pemakalah dalam seminar/syarahan nasional MABBIM kali ini terdiri atas para pakar, peneliti, dan pengkaji bahasa Indonesia/Melayu dalam penguatan/pemerkasaan jati diri bangsa. Adapun pemakalah yang telah menyatakan kesanggupannya untuk hadir dan menyampaikan kertas kerjanya adalah:

1. Prof. Dr. Multamia. RMT— Universitas Indonesia

2. Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA – Fisip UNS

3. Drs. Sholeh Dasuki, M.S.—Jurusan Sastra Indonesia— Fakultas Sastra & Seni Rupa—Univ. Sebelas Maret

4. Drs. Susanto, M.Hum.—Jurusan Sejarah — Fakultas Sastra & Seni Rupa—Univ. Sebelas Maret

PESERTA seminar/syarahan nasional MABBIM ini terdiri atas pakar, peneliti, pengkaji, pemerhati, dosen, guru, seniman, dan mahasiswa dengan cara mendaftarkan diri sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Waktu dan Tempat Kegiatan

SEMINAR/syarahan nasional MABBIM ini akan diselenggarakan pada 22 Juli 2010, pukul 08.00 WIB, bertempat di Ruang Seminar Fakultas Sastra dan Seni Rupa, yang tepatnya berada di Gedung III—Lantai 2 —Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Teknis Pendaftaran

Calon Peserta Seminar/syarahan nasional MABBIM ini TIDAK DIPUNGUT BIAYA PENDAFTARAN SAMA SEKALI (GRATIS). Hanya saja, calon peserta seminar/syarahan nasional MABBIM ini diharapkan mendaftarkan dirinya dengan ketentuan sebagai berikut.

1. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh panitia seminar/syarahan nasional MABBIM.
2. Mengembalikan formulir pendaftaran yang telah diisi dengan lengkap dan jelas kepada panitia seminar/syarahan nasional MABBIM baik secara langsung maupun tidak langsung (pos, e-mail, fax, atau paket).
3. Konfirmasi pendaftaran harus sudah sampai kepada panitia seminar/syarahan nasional MABBIM paling lambat 20 Juli 2010.
4. Pendaftaran akan ditutup bila kuota peserta telah terpenuhi.

.


Sekretariat Panitia


Jurusan Sastra Indonesia

Fakultas Sastra dan Seni Rupa

Universitas Sebelas Maret Surakarta


Jl. Ir. Sutami No. 36A – Kentingan – Surakarta

Telepon: (0271) 632480

Fax: (0271) 632480 atau (0271) 634521

E-mail: sasindo@uns.ac.id


Panitia yang dapat dihubungi

Sdr. Purwono

HP: 085725220950

……[….Read More….]…..