KEDEKATAN AYAH DAN ANAK …

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Sebagai ayah, Anda tentu tidak menginginkan buah hati Anda terlibat hal-hal buruk seperti itu saat remaja. Cara mengantisipasinya adalah dengan menjaga kedekatan hubungan Anda dan si kecil sejak dini, demikian menurut Fabiola P. Setiawan, MPsi, dari Klinik Terpadu Fakultas Pasikologi Universitas Indonesia, Depok.

Anak yang dekat dengan ayahnya diharapkan dapat lebih tegas dalam mengambil keputusan dan lebih terampil dalam menghadapi persoalan sosial. “Umumnya ayah mendidik anak dengan mengajarkan cara-cara mengatasi masalah dan tegas dalam menentukan pilihan sehingga ketika anak menghadapi dunia kenakalan remaja dia mampu menolak hal-hal yang dapat menjerumuskannya,” kata Fabiola. Selain itu, anak juga dapat lebih bijak dalam menghadapi konflik dengan teman sebaya sehingga diharapkan dapat terhindar dari perilaku yang tidak sesuai dengan norma lingkungan.

Pribadi yang baik

Menurut Fabiola, kedekatan ayah dan anak dapat membangun kelekatan emosi diantara keduanya. Anak lelaki akan meniru peran ayah dalam menjalin hubungan dengan lawan jenis dan juga cara mengasuh anak-anak mereka kelak. Jika anak Anda perempuan, kedekatan dengan ayah yang positif umumnya dapat menjadi referensi dalam mencari sosok pendamping di masa depan. Selain itu, kedekatan hubungan ayah dan anak juga bermanfaat membuat anak tumbuh sebagai pribadi yang lebih mandiri, berani, tangkas, dan luwes.

Manfaat bagi tumbuh kembang anak

Kedekatan ayah juga berperan besar dalam aspek kognisi, motorik, dan keterampilan bersosialisasi. Menurut fabiola, dari aspek kognisi, ayah dapat melatih daya nalar, daya ingat, wawasan, daya tangkap, dan kemampuan anak dalam memecahkan persoalan melalui kegiatan dan permainan yang dilakukan bersama.

Ayah yang umumnya lebih tangkas dalam bermain dengan anak akan melatih keterampilan motorik dan keberaniannya dalam mencoba tantangan atau hal baru. Dalam aspek keterampilan bersosialisasi, ayah berperan dalam melatih cara berteman yang baik, memberi dukungan saat anak menghadapi lingkungan baru, dan melatih penyesuaian diri anak melalui diskusi, pengalaman , dan role play. Ayah juga dapat melatih anak untuk membangun kematangan emosinya.

Tips agar tetap dekat dengan anak

“Penghargaan dan penerimaan adalah kunci hubungan ayah dan anak tetap dekat,” ujar Fabiola. Anak yang dihargai oleh ayahnya akan belajar untuk menghargai dirinya dan orang lain. Karena itu, dengarkan pendapat anak secara utuh dan berikan perhatian yang tulus tanpa terganggu kegiatan lain. Sesibuk apapun Jadwal Anda tidak lupa untuk menciptakan quality time dengan buah hati.

Setuju Bunda?