Kebiasaan Buruk Ketika Makan …

Duh, Inilah 5 Kebiasaan Makan Buruk Yang Harus Dihindari!

Kebiasaan makan ternyata berkaitan erat dengan kesehatan. Pola makan yang sehat tak hanya membantu menurunkan berat badan tapi juga membuat tubuh menjadi sehat. Namun tak sedikit orang yang melakukan kebiasaan salah. Hal ini juga dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan.

Nah, seperti dilansir dari Our Vanity inilah 5 kebisaan makan buruk yang sebaiknya dihindari :

Makan dengan cepat

Makan dengan cepat dan terburu-buru adalah salah satu kebiasaan makan buruk yang harus segera dihentikan. Alasannya, pada saat tidak mengunyah makanan dengan baik sistem pencernaan harus bekerja lebih keras. Saat makan cepat udara berlebihan akan mengisi lambung dan membuat berut kembung.

Hal ini juga membuatmu memasukka makanan lebih banyak untuk merasa kenyang. Otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk merasa kenyang. Itulah mengapa kebiasaan makan satu ini dapat menyebabkan kegemukan.

Makan sambil melakukan kegiatan

Banyak pekerjaan yang menumpuk dan tugas yang harus dikerjakan membuatmu melakukan multitasking makan sambil mengerjakan tugas tertentu. Hal ini sangat tidak disarankan, bahkan sebaiknya kamu juga harus menghindari makan sambil menonton tv. Hal ini karena kamu akan fokus pada hal yang sedang dilakukan dan tak memperhatikan asupan makanan ke dalam mulut. Akibatnya kamu malah makan berlebihan.

Memilih makanan manis untuk mengganjal perut

Memilih makanan manis untuk mengganjal perut tak membuat perut menjadi kenyang. Banyak makan gula hanya memicu berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes atau obesitas. Bila ingin ngemil makanan manis sebaiknya konsumsi dalam jumlah terbatas dan jangan berlebihan.

Makan saat emosi

Jangan biarkan suasana hatimu mempengaruhi asupan nutrisimu. Makan saat merasa emosi dan frustasi ini membuat tubuh menginginkan asupan karbohidrat berlebih untuk membantu dalam memproduksi hormon serotonin agar merasa senang dan tenang. Tapi hal ini dapat membuatmu mudah untuk mengalami kegemukan. Saat sedang badmood sebaiknya pilih makanan-makan pengusir badmood seperti susu, yogurt ataupun ikan yang sehat.

tidur-makan

Langsung tidur setelah makan

Jangan makan sesaat sebelum tidur. Hal ini menjadi kebiasaan buruk yang benar-benar harus dihindari. Selain bisa mengurangi kualitas tidur, langsung tidur setelah makan juga menyebabkan perut tak punya cukup waktu untuk mencerna makanan.

Nah Dreamers mulai sekarang cobalah hindari kebiasaan makan yang salah tersebut untuk hidup lebih sehat.

.

.

.

[sumber: DREAMERSRADIO.COM ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar