CARA MENGATASI ANAK YANG SUKA BERBOHONG …

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Bunda apakah buah hatinya sering berbohong pada Bundanya? Bila iya berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan ketika balita Anda berbohong:

img

1) Hindari memberi label. Jangan sebut si kecil pembohong karena cap atau label buruk akan membekas di hati anak. Ia bisa menjadi semakin tertekan dan akhirnya percaya kalau dirinya adalah seorang pembohong.

Agar Anak Tidak Menjadi Pembohong

2) Jangan bertanya bila Anda sudah tahu jawabannya. Daripada bertanya apakah si kecil berbohong, lebih baik Anda langsung mengatakan dengan tegas bahwa Anda tidak setuju bila ia berbohong. Tapi, ingatlah untuk selalu menambahkan kalimat yang menenangkan, seperti Anda tidak akan marah bila ia mau berkata jujur. Ini akan membuat anak tetap merasa aman dan dicintai, dan akhirnya mulai belajar jujur kepada Anda.

Pembohong pinokio

3) Jelaskan kepada anak konsep, “Satu Kebohongan Akan Menciptakan Ribuan Kebohongan Lain.” Bila sulit menjelaskan konsep ini kepada anak, coba cari buku atau film yang bertemakan kejujuran. Ketika selesai membaca atau menonton, katakan pada anak mengapa ia sebaiknya tidak berbohong.

4) Beri contoh yang benar Jangan buat anak bingung ketika ia melihat atau mendengar Anda berbohong kepada orang lain. Hal ini akan membuat ia kehilangan kepercayaan pada Anda dan menyepelekan arti kejujuran.

5) Hargai kejujurannya Ketika si kecil akhirnya bicara jujur, beri penghargaan seperti pelukan, ciuman, atau kata-kata pujian kepadanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar