Cara Praktis Membuat E-Book dari Wikipedia

Wikipedia merupakan salah satu perpustakaan online terbesar di dunia saat ini, sudah ada lebih dari 3.7 juta artikel bahasa Inggris, 171 ribu artikel bahasa indonesia dan jutaan artikel bahasa lainnya. Mungkin sebagian kita belum tahu bahwa kita bisa membuat ebook (PDF) dari satu atau banyak artikel sekaligus tanpa menggunakan software tambahan.

Ketika kita membaca artikel wikipedia, kadang kita ingin menyimpan sebagai dokumen yang bisa di baca di lain waktu, untuk di cetak (print) atau untuk arsip referensi (offline). Bisa saja kita membuat satu halaman artikel menjadi PDF menggunakan software seperti PDF Printeratau menggunakan jasa PDF online. Tetapi sebenarnya Wikipedia sendiri sudah menyediakan fitur ini yang bisa kita manfaatkan.

Untuk menyimpan atau mengubah satu halaman wikipedia menjadi ebook (PDF) sangat mudah, dari menu di sebelah kiri kita melihat ada judul menu Print/Export (untuk wikipedia berbahasa Inggris) atau Cetak/ekspor (untuk wikipedia berbahasa Indonesia). Selanjutnya pilih saja Download as PDF atau Unduh versi PDF.

Selanjutnya kita tinggal menunggu proses pembuatan versi pdf selesai, kemudian dokumen pdf ini bisa kita unduh (download) melalui link yang akan ditampilkan.

.

.

[Sumber: http://ebsoft.web.id/2011/08/25/mudah-membuat-ebook-pdf-dari-artikel-artikel-wikipedia/]