Tips Branding …

Branding merupakan sebuah strategi yang perlu diterapkan di semua lini usaha. Bahkan branding perlu juga diterapkan pada lingkungan keluarga untuk dapat mengarahkan dan membentuk anak sebagai generasi penerus yang berkualitas (soleh & solehah).

Beberapa hal yang terkait dengan branding di level keluarga adalah:

  • Pemberian nama yang baik

Orangtua memang berkewajiban memberikan nama yang baik kepada anak-anak mereka. Dalam pemberian nama ini ada beberapa hal yang perl diperhatikan. Karena di balik sebuah nama tersimpan doa dan harapan orangtua yang disematkan kepada sang anak. Oleh karena itu, ketika akan diberikan nama biasanya orangtua mempertimbangkan segala sesuatunya sehingga nama tersebut dapat menjadi berkah bagi sang anak. Namun, pemberian nama yang baik saja tidak cukup bila tidak diimbangi dengan penambahan karakter.

  • Penambahan karakter

Pemberian karakter ini merupakan bentuk komunikasi verbal yang memberikan stimulus kepada amigdala agar kemudian dapat memberikan respon yang positif sehingga merangsang lahirnya kreativitas pada sang anak. Selain itu, penambahan karakter juga merupakan bentuk kasih sayang yang coba diungkapkan dalam bentuk ungkapan kata-kata.

Misalnya: nama sang anak “Hafidz” suatu ketika ia dapat segera menjawab pertanyaan yang diajukan oleh orangtua-nya,┬ákemudian sang orangtua menyematkan karakter “calon si pemikir jenius” di belakang namanya.

Hal ini merupakan sebuah contoh yang positif dalam kontek komunikasi yang penuh dengan ungkapan kasih sayang. Karena Rasulullah saw. pun pernah mencontohkan, misal dengan menyebut sahabat-nya “Abu Bakar” dengan tambahan karakter “as-Sidiq”, dsb.

.

.

.

……………… [ … Read More … ] …………….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar