Emansipasi Wanita …

Banyak orang mengira bahwa kesadaran akan emansipasi wanita muncul pada akhir abad ke 19. Padahal, jauh sebelum masa itu pernah ada kesadaran dan peran serta wanita dalam hidup dan kehidupan manusia. Misal, pada masa-masa laksamana Cheng Ho menjalakan misi Muhibah.

Paling tidak, tulisan ini dapat dijadikan bahan renungan atau bahan kajian bahwa ada seorang wanita bernama Samita, yang kemudian mengabdikan hidup menjadi murid sang Laksamana Cheng Ho. Dalam perjalanan misi Muhibah ini, Laksamana Cheng Ho memimpin 208 kapal yang berlayar dari Tiongkok menuju Asia – Afrika dengan tujuan bersilaturahmi sambil menyebarkan dan memperkenalkan agama Islam sebagai agama yang rasional dan universal.

Dalam setiap perjalanan, sang murid belajar manajemen strategi Nabi Muhammad saw., manajemen Tao Zhugong, manajemen Confusianisme, dan manajemen Lautze yang luar biasa sempurna, yang telah diterapkan 600 tahun yang lalu. Dengan menerapkan empat manajemen tersebut, Cheng Ho dapat mengatur dengan apik sistem kerja dari awak kapalnya sesuai dengan tugas masing-masing.

.

.

.

…………….. [ … Read More … ] ………………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar