Uzlah …

Tidak ada sesuatu yang lebih bermanfaat bagi hati yang ingin menghilangkan penyakit lupa kepada Allah, selain uzlah (menyepi) dari makhluk. Karena dengan uzlah, seseorang akan masuk ke dalam lapangan tafakur (berpikir dan merenungkan keindahan ciptaan Allah swt, baik yang ada di langit maupun di bumi). 

Di dalam hadis disebutkan, “Berpikir hanya 1 jam lebih baik daripada ibadah selama 70 tahun.” Hal ini bisa terjadi karena kegiatan berpikir dapat mengantarkan seseorang untuk mengetahui hakikat segala sesuatu, yang akan membuatnya mendapatkan makrifat kepada Allah swt. Di samping itu, dengan berpikir mengenai kebesaran Allah swt, maka hatinya dapat terbuka yang akhirnya ia dapat menyaksikan penyakit-penyakit hati yang tersembunyi, tipu daya setan yang terkecil, dan segala tipuan dunia.

Uzlah adalah salah satu dari empat rukun yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin berjalan menuju Allah, yaitu banyak diam, menyepi, lapar, dan bangun malam.

Ketahuilah! Bahwasanya uzlah itu dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan badan (baca: menjauhkan diri dari makhluk) dan hati (baca: meskipun badannya bertemu dan berkumpul dengan makhluk, tetapi hatinya senantiasa bergantung pada Allah swt).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar