Tidak Berputus Asa karena Terlambatnya Pemberian …

Keterlambatan terkabulnya permintaan atau doa janganlah membuatmu berputus asa. Allah-lah yang menjamin terkabulnya doa sebagaimana firman-Nya berikut ini.

“Berdoalah kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkan.” (QS. al-Mukmin: 60).

Sesungguhnya Allah akan mengabulkan dengan sesuatu yang telah dipilihkan Allah, bukan apa yang engkau pilih sendiri karena Allah lebih mengetahui apa yang lebih baik untukmu. Mungkinnengkau meminta sesuatu dari-Nya, tetapi Ia menolaknya. Namun, ketahuilah bahwa penolakan itu sebenarnya adalah pemberian sebagaimana firman-Nya berikut ini.

“Boleh jadi engkau membenci sesuatu, padahal itu baik bagimu. Dan boleh jadi engkau mencintai sesuatu, tetapi itu buruk bagimu. Sesungguhnya Allah lebih tahu, dan engkau tidak tahu.” (QS. al-Baqarah: 216)

Jadi, meskipun secara zahir Allah menolakmu, tetapi pada hakikatnya penolakan itu adalah pemberian. Begitu pula, Allah mengabulkan doamu pada waktu yang Dia inginkan, bukan di waktu yang engkau inginkan. Oleh karena itu, jadilah engkau orang yang bersabar karena sesungguhnya sabar dan bersikap tidak terburu-buru itu lebih utama bagi seorang hamba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar