Suku Dayak Orung Da’an …

Nanga Raun, sebuah desa kecil di jantung Kalimantan.

Desa ini terletak di hulu aliran Sungai Manday, sungai yang mengalir sampai Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Dibutuhkan waktu sekitar 18 jam untuk mencapai desa ini dengan jalan darat dari Pontianak. Sekitar 1100 jiwa penduduknya mayoritas adalah Dayak Orung Da’an, Dayak yang berasal dari hulu Sungai Da’an.

Subsuku Dayak ini memang tidak seterkenal Dayak Iban atau Punan, sebab memang belum banyak penelitian tentang mereka. Desa Nanga Raun sendiri mungkin hanya dikenal oleh orang-orang yang mendalami sejarah dan antropologi, karena desa ini disebut oleh Anton Willem Nieuwenhuis, seorang peneliti antropologi dari Belanda yang menetap cukup lama di desa ini dalam ekspedisinya menyusuri sungai Mahakam tahun 1894.

•Nanga Raun berada di aliran Sungai Manday dan dikelilingi oleh perbukitan. Di desa ini terdapat dua dusun yaitu Dusun Tilung dan Dusun Nanga Arong. Dusun Nanga Arong adalah pemukiman terakhir suku Dayak Orung Da’an di Sungai Manday. Selepas Nanga Arong adalah perbatasan Kalimantan Tengah.
Tim Ekspedisi justru menemukan banyak hal lain yang menarik di desa ini.

.

.

.

…………….. [ … Read More … ] …………….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar