Zakat dan Welfare State … # 1

Selama ini pemahaman kebanyakan umat Islam tentang zakat baru sebatas kewajiban yang merupakan bagian dari rukun Islam. Namun, mereka sendiri belum sadar tentang arti penting zakat bagi kehidupan manusia.

Keterbatasan pemahaman inilah yang kemudian membuat sebagian umat Islam hanya sebatas “gugur kewajiban” dalam melaksanakan perintah zakat.

Padahal, jika kita mau sedikit menggali “pesan-pesan Ilahi” yang terkandung dalam zakat, akan nampak secara jelas bahwa zakat tidak sekedar membayar 2,5 kg beras yang dilaksanakan menjelang Idul Fitri dan membayar zakat maal (zakat harta) jika mau.

Sungguh naif sekali pemahaman tentang zakat jika hanya seperti ini. Sadarkah kita bahwa dalam zakat terkandung pesan “welfare state” yang kini justru banyak diadopsi oleh negara-negara Barat (yang nota bene bukan negara Islam).

Padahal dalam konsep zakat ini, sebenarnya peran negara (amirul mukminin) sangat dituntut untuk dapat mengentaskan umat dari jurang kemiskinan. Karena kemiskinan sangat dekat dengan kekufuran.

.

.

.

…………….. [ … Read More … ] ……………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar