Seminar Nasional Naskah Nusantara Perpustakaan Nasional RI

Call for Papers

“PENGOBATAN TRADISIONAL DALAM NASKAH NUSANTARA”

Jakarta, 27-28 September 2011

PENDAHULUAN

Sampai saat ini, masyarakat tradisional di berbagai daerah di Indonesia masih menggunakan potensi alam di sekitarnya dalam menanggulangi masalah kesehatan. Tetapi, pesatnya pembangunan di era globalisasi, di sisi lain, mengakibatkan semakin berkurangnya sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia. Pada akhirnya, keanekaragaman hayati tanaman obat-obatan yang pada zamannya digunakan sebagai obat sedikit demi sedikit mengalami kepunahan.

Naskah Nusantara sebagai warisan budaya masa lalu memberikan informasi berharga dari masa lalu. Salah satu informasi berharga yang terkandung dalam warisan leluhur itu adalah pengobatan tradisional. Teks “Usada” dari Bali, “Husada” dari Jawa, “Lontarak Pabura” dari Bugis, “Kitab Tibb” dari Melayu, dan “Ngurus Panyakit Talari Karuhun” dari Sunda adalah sebagian kecil dari contoh-contoh naskah yang mengandung informasi tentang obat-obatan tradisional. Di dalam teks-teks lama tersebut, terkandung informasi mengenai jenis obat-obatan, metode pengobatan, mantra dan jampi-jampi, dan lain-lain yang kiranya selalu menarik untuk dikaji pada era modern saat ini.

PENGIRIMAN ABSTRAK

Kami mengundang para peneliti, pengkaji, dan pemerhati naskah Nusantara untuk menjadi pemakalah dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan abstraknya terlebih dahulu. Semua abstrak yang masuk  akan diseleksi oleh tim seleksi, serta dipilih sejumlah makalah yang sesuai dengan tema “Pengobatan Tradisional dalam Naskah Nusantara”.

Topik yang dapat dipilih diantaranya:

– Tanaman obat-obatan dalam Naskah Nusantara

– Mantra-mantra pengobatan dalam Naskah Nusantara

– Praktek pengobatan tradisional dalam Naskah Nusantara

Abstrak makalah dikirim ke Panitia melalui e-mail dengan alamat: jumantara@pnri.go.id, dan diterima selambat-lambatnya tanggal 1 Juni 2011. Semua abstrak yang masuk akan diseleksi oleh panitia, dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 15 Juni 2011.

Bagi mereka yang diterima sebagai calon pemakalah diharuskan mengirimkan makalah lengkapnya paling lambat sebulan sebelum acara Seminar berlangsung, yakni tanggal27 Agustus 2011. Panitia menyediakan fasilitas akomodasi, konsumsi, dan insentif sewajarnya kepada calon pemakalah.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup seminar meliputi berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan Tema seperti filologi, kedokteran, farmakologi, dll.

MAKSUD DAN TUJUAN

Seminar Naskah Nusantara ini bertujuan untuk:

  1. Mendiskusikan dan mengidentifikasi berbagai jenis obat-obatan tradisional yang terdapat dalam Naskah Nusantara.
  2. Mendokumentasikan pengetahuan tentang obat-obatan pada masyarakat tradisional Indonesia.
  3. Mengungkap jenis obat-obatan tradisional berikut cara pemanfaatannya pada masa lalu sebagaimana terdapat dalam naskah Nusantara.
  4. Menilai manfaat pengetahuan pengobatan masyarakat tradisional dari segi akademis, medis, dan ekonomis.
  5. Menerapkan metode pengobatan tradisional sebagaimana tampak dalam Naskah Nusantara dalam kehidupan masyarakat Indonesia saat ini.
  6. Mengupayakan strategi ke arah pengakuan hak intelektual masyarakat tradisional Indonesia berkaitan dengan pengobatan tradisional.

PEMBICARA

  • Keynote Speaker: Jaya Suprana (Direktur Jamu Jago, Budayawan)
  • Pemakalah

INFORMASI LAIN

Semua informasi lain berkaitan dengan Seminar Naskah ini akan diinformasikan kemudian melalui situs Perpustakaan Nasional RI dengan halamanhttp://www.pnri.go.id/

Sekretariat

Jl. Salemba Raya No. 28A

Jakarta 10002

Telp/Faks: 021-3101472

E-mail: jumantara@pnri.go.id

Web: www.pnri.go.id

Contact Person

Rifa: 081399772354

Dian: 082124361085

Didik: 08156874754