Penggunaan Diksi dalam Media Iklan

Diksi dalam Iklan

Diksi dalam Iklan

Gaya bahasa sebagai bagian dari diksi yang bertalian dengan ungkapan-ungkapan individu atau karakteristik, atau memiliki nilai artistik yang tinggi. Pilihan kata bukanlah masalah sederhana karena menyangkut persoalan yang bersifat dinamis, inovatif, & kreatif sejalan dengan perkembangan masyarakat penunturnya.

.

Penulis yang belum berpengalaman tentunya akan sangat kesulitan dalam mengungkapkan ide / gagasan & biasanya sangat miskin variasi bahasa. Akan tetapi, terkadang ada pula penulis yang sangat boros / tidak efektif dalam menggunakan perbendaharaan kata, sehingga tidak ada ”isi” yang terdapat di balik kata-katanya.

.

Kata-kata atau istilah tidak hanya sekedar mengemban nilai-nilai indah (estetis), melainkan juga nilai-nilai filosofi dan pedagogis karena dapat digunakan penulis untuk menyimpan pesona makna yang terselubung / simbolis, sehingga untuk memahaminya diperlukan interpretasi & renungan-renungan yang dalam.

.

Selanjutnya coba perhatikan penggunaan diksi yang terdapat pada beberapa Media Iklan berikut.