Menyisipkan file doc, ppt, pdf, dan zip ke dalam artikel

Spider

Spider

Pernahkah Anda mendownload sebuah file dalam bentuk Ms. Word (DOC), Presentasi (PPT), dan Portable Documen Format (PDF)?.  Ya, beberapa website menyediakan sebuah file dalam bentuk DOC, PPT, maupun PDF untuk dapat didowload oleh para pengunjung. Nah, dengan adanya blog diharapkan para tenaga pendidik dapat menyediakan bahan belajar dalam bentuk file sehingga dapat didownload oleh para anak didiknya untuk dapat dimanfaatkan.


1. Untuk menyisipkan dokumen tersebut, pilih tombol Add Media.

2. Klik tombol Select Files untuk menentukan file yang akan diupload.

3. Pilih salah satu file (misal: dalam bentuk DOC), lalu klik tombol Open.

4. Tunggu beberapa saat, proses upload sedang berjalan. Jika berhasil terupload, muncul informasi tentang file tersebut, jangan lupa klik file URL sebelum klik Insert to Post agar bisa di donlot. Kemudian klik tombol Insert to Post untuk menyisipkan file ke dalam teks.

5. Sebuah teks bergaris bawah menandakan adanya link ke sebuah file yang dapat didownload ketika mengklik teks tersebut.

6. Jangan lupa pilih Category yang sesuai untuk artikel tersebut.

7. Agar artikel tampil di halaman utama Blog Anda, klik tombol Publish.

8. Untuk menguji file tersebut dapat didownload atau tidak, bukalah halaman utama blog Anda kemudian klik teks tersebut maka akan muncul kotak dialog untuk menyimpan atau membuka file tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Untuk lebih jelas, silahkan lihat di sini … [Read More] …